20/06/12

Catatan Kecil 02

"MENUNTUT 'ILMU" Menuntut 'ilmu adalah bentuk ke thaatan kita kepada Alloh SWT,dan termasuk pula taqorub illalloh yang paling nyata serta agung yang paling nyata yang akan mengangkat kedudukan sipelakukannya disisi-Nya kelak. Disamping itu,Alloh SWT telah memerintahkan kepada semua hamba-hamba-Nya yang beriman untuk menuntut 'ilmu,dengan tafakur,tadabur,serta memperingatkan diri sendiri dan mereka dari bahaya kebodohan.

 "Padahal tidaklah Aku menyuruh mereka.melainkan supaya mereka menyembah Alloh dan memurnikan kethaatan kepada-Nya (dengan menjalankan agama yang hanif ilaa akhir ayat) QS.Al-Bayinah 5.

Tetapi bagaimana mungkin kita akan menjalankan agama dengan kemurnian agama itu tanpa didasari 'ilmu pengetahuan ?.Sabda Nabi s'aw : Barang siapa yang mempelajari 'ilmu agama yang seharusnya mendapatkan ke ridloan Alloh SWT kemudian mereka tidak mempelajarinya (mengamalkan-nya) melainkan mereka hanya terpengaruh dengan kemegahan serta kesibukan duniya,maka mereka nanti tidak akan mendapatkan wangi harumnya Syurga pada hari Qiyamat (apalagi memasukinya). HR.Abu Dawud.Ibnu Majah..Al-Hakim didalam kitab Al-Mustadrok.
(Cobalah kita merujuk ke QS.At-Taubah.23 dan 24.Al-A'rof.176 dan 179). Bagaimana mungkin kita tidak dapat menunutut 'ilmu Agama ? Semetara dimanapun kita bertempat tinggal,kita akan mendatkan banyak majlis 'ilmu.Lantas kesombongan apa yang membuat mereka tidak mau menuntutnya.

WaAllohu'Alamu Bish Showwab.

(dikutip dari tulisan Guru sekaligus Sahabat saya : Aca’ Untung)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar