20/06/12

Catatan Kecil 03

"Surat Al-Fatihah" Apakah surah Al-Fatihah itu ?!. Al-Imam Ibnu Katsir menjelaskan surah Al-Fatihah itu disebut juga dengan surah "Ash-Sholah" Karena memang surah Al-Fatihah itu digunakan untuk sholat. Dan Nabi s'aw pernah bersabda : Tidak ada sholat bagi yang tidak membaca surah al-fatihah. Saya tidak akan membahas masalah sholatnya tetapi saya akan membahas dengan kajian.Apa dan bagaimana surah Al-Fatihah itu. 

Alloh SWT telah berfirman didalam hadits Qudsi : "Wahai anak cucu Adam !Aku telah menurunkan kepadamu (Muhammad) tujuh ayat : Tiga diantaranya untuk-Ku dan tiga lagi untukmu, sedangkan yang satu untuk kita bersama. Adapun yang untuk-Ku ialah : Alhamdulillaahi Robbil 'Alamiin Arrohmaanirrohiim.  Maaliki yaumiddin,  Sedang yang satu untuk kita bersama ialah: Iyya na'budu wa iyyaka nasta'iinu. Dari fihakmu melakukan ibadah (berupa permohonan dan yang lain-nya) sedangkan Aku yang akan memberikan pertolongan itu. Adapun yang khusus untukmu ialah : Ihdiss shiroothol mustaqiim, shiroothol ladziina an'amta'alaihim ghoiril maghdluubi 'alaihim waladlooliina.  (HQR. Thobroni. dari Ubay bin Ka'ab. ra).

Alloh SWT telah memberi tahukan kepada kita sebagai hamba-Nya melalui Nabi s'aw.Bahwasanya Dia telah menurunkan tuhuh ayat ialah Fatihatul kitab atau disebut juga dengan Ummul kitab,yaitu surotul Fatihah. Diantara tujuh ayat itu ada yang khusus bagi Alloh semata, yang berupa pujian yang tidak boleh disekutukan oleh semua hamba-Nya. Barang siapa yang menyekutukan-Nya, maka Alloh telah menganggap kepada hamba-Nya itu telah merampas haq prerogatif-Nya dan si hamba itu telah mendurhakai-Nya. Sifat sanjungan dan pujian hanya dikhususkan bagi Alloh SWT saja. Bagi hamba-hamba-Nya yang ingin atau gila pujian serta sanjungan, berarti mereka telah berbuat musyrik dengan menyekutukan-Nya. 

Demikianlah kajian singkat saya dengan ilmu yang sangat terbatas. Insyaa Allooh di lain kesempatan saya lanjutkan.

"WaAlloohu 'Alamu Bish Showwab.

(dikutip dari tulisan Guru sekaligus Sahabat saya : Aca’ Untung)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar