18/07/12

Adakah ajaran lain semulia ini ?! (bagian 02)




Umat Islam adalah Pusat Trend Mode serta Fashion Dunia.

Membaca kalimat tersebut, ada beranggapan seperti anekdod atau sebuah lawakan yang membuat segelintir orang berkata : “Makanya gaul dong !!. . Pusat mode dan fashion itu adalah Paris. Dan tau gak lho Paris itu dimana?. Upst, sorry. Pastilah Lho nggak tau ... Hehehe  … ada di France ... disono di Eropa … di barat, coy … orang bule, friend … bule,bule,b-u-l-e, bule,le,le,leeeeeeeeeee …!!!”. Lalu mereka terpingkal-pingkal menahan tawa sampai-sampai mulut mereka berbusa. Dan gue dengan bengong dan sedikit menjawab : “Negeri kita juga dulu dijajahnya kan sama orang bule”.




 “Katakanlah kepada wanita yang beriman:  Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain jilbab kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinyua agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung” (QS. An Nuur:31)

Perhatikanlah : Ayat tersebut dimulai dengan “wanita yang beriman” lalu ditutup dengan kalimat “supaya kamu beruntung”. Dan apabila dua kalimat itu disambungkan menjadi sebuah kalimat maka : “Wanita beriman supaya beruntung”


Ada apa dengan pakaian, sampai-sampai Allah SWT mengatur-ngatur urusan tersebut. Apakah Tuhan nya Umat Islam ini nggak ada kerjaan? Atau memang Islam itu agama yang ribet dan mengekang kebebasan individual yang memiliki HAM ?(seharusnya HAsM = Hak Asasi sebagai Manusia).

Ternyata kita salah selama ini, dan Maha Benar Allah sebagai pemilik dari semua kebenaran baik yang tampak maupun yang tersembunyi atau disembunyikan. Kita amatlah naïf terhadap Allah SWT. Dan bukankah manusia itu lucu, teman?. Mereka konstan hidup di jalur susah kendati kehidupan itu sangatlah gampang !!!. Dan ayat di atas di terangkan adalah tentang iman. Semakin meluas dan meninggi keimanan mahluk maka semakin ia menjadi mahluk yang bersyukur serta bersabar maka janji Allah SWT padanya segala kemudahan menuju jalan keselamatan. 

Kebebasan = Aturan. Freedom tidak sama dengan free style, free sex, apalagi freemasonry, Ataupun freedom yang ada di benak pikiran kita dimana kebebasan adalah sebebas-bebasnya tanpa berpikir serta memahami itu baik serta benar. Freedom adalah ikut aturan-Nya maka kita akan beruntung. Dan salah satu (sangat banyak lagi) keberuntungan yang dikemukan Allah SWT mengenai pakaian adalah supaya mereka lebih mudah dikenal dan supaya mereka tidak diganggu.


Wahai Nabi katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang-orang mukmin: Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya keseluruh tubuh mereka. yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk di kenal karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun dan Penyayang. (QS. Al Ahzab:59).


Al Quran surat Al Ahzab ayat 59 sangatlah gamblang menjelaskan bahwasanya dari pakaianlah kita mula diperhatikan oleh orang lain lalu dari pakaian itu pula kita mudah dikenali. Sebagaimana contoh otak kita menganalisa dan membedakan mana yang Muslimah dan Biarawati meski keduanya memakai kudung kepala. Lalu pakaian tersebut memang nyata menyajikan keseganan, keenganan, serta keamanan untuk supaya mereka tidak di ganggu.

Sudah sejak ribuan tahun lalu Allah SWT telah menetapkan rancangan serta aturan mengenai pakaian karena Dia adalah Sang Maha Pencipta yang sudah barang tentu paham, mengerti, serta mengetahui tentang mahluk ciptaan-Nya yaitu manusia. Dimana fungsi utama pakaian menurut-Nya adalah sebagai penutup aurat dan perhiasan, dan pakaian takwa itulah yang paling baik.


“Hai anak adam, sesungguhnya kami telah menurunkan untukmu pakaian sebagai penutup aurat dan perhiasan. Dan pakaian takwa itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah di antara tanda-tanda kekuasaan Allah, agar mereka selalu ingat.” (QS. Al-A’raf 7:26)


Dan siapakah manusianya yang sanggup menandingi Dia, apalagi hanya sebatas mode dan fashion?!.

Akhir kata, Segala puji bagi Allah SWT Tuhan semesta alam. Dia telah memberi peringatan serta kabar gembira bagi mahluk-Nya sebab Allah SWT itu bersifat Maha Pengasih serta Maha Penyayang. Apapun segala perintah – Nya (baca juga: larangan-Nya) adalah sesungguhnya untuk kebaikan dan kemaslahatan diri kita sendiri (baca: mahluk ciptaan-Nya). Seperti Dia memerintahkan kita untuk tidak meminum Khamar/minuman keras, berjudi, riba, zina, dan sampai-sampai permasalahan pakaian.

1 komentar:

  1. Camolekum yg buat Blog...
    Agama Sisingamangaraja pahlawan tdk ada yg tahu persis, bahkan Suku2 di BATAK pun tak ada yg berani memastikan..., Tidak ada bulan sabit yg di hubungkan ke Islam, itu karena dia punya wilayah kekuasaan di aceh. Dan dia juga punya jalinan hubungan di Bangkinang / kampar.

    Perkataan J.H. Meerwaltd,1903,111 dan Solichin Salam,1965,50 ,< itu berarti pemikiran ber-agama mereka (Belanda), berbeda dgn pemikiran BATAK-agama Kristen waktu itu. Islam di Batak itu terjadi krn ada kawin silang dgn melayu dan minang.


    PEMIKIRAN AGAMA KRISTEN DI BATAK, TIDAK TERPENGARUH OLEH BELANDA......
    <<<< SEMENJAK BELANDA datang dari Barus , di situ sudah mulai peperangan.

    Tidak ada tulisan arab di Cap Stempel yg di buat oleh beliau sendiri.
    Itu berasal dr cap buatan Aceh.

    BalasHapus